Tag

, , ,

Melalui sebuah studi, para peneliti asal Australia berhasil membuktikan bahwa penggunaan tabir surya secara rutin atau setiap hari mampu mencegah melanoma atau kanker kulit yang tergolong mematikan pada orang dewasa.

Sebelumnya, pemakaian tabir surya dalam upaya mencegah penyakit kanker kulit memang sudah umum, tapi keefektifannya masih diperdebatkan. Peneliti dari Institut Ilmu Kesehatan Queensland (QIMR) pun melakukan studi terhadap 1.621 penduduk Queensland yang terpilih.

Separuh dari partisipan memakai tabir surya setiap hari dan separuhnya lagi tak rutin memakai tabir surya. Setelah 15 tahun, jumlah partisipan yang mengidap melanoma dari kelompok yang tak rutin memakai tabir surya dua kali lipat lebih banyak dsri pada jumlah penderita melanoma pada kelompok yang mamakai tabir surya setiap hari.

“Penemuan ini menunjukkan adanya jaminan kepada para ahli kesehatan, profesional medis, dan publik bahwa menggunakan tabir surya secara rutin mempu memberikan manfaat dari perlindungan terhadap melanoma,” kata ketua penelitian Adele Green.

“Namun meski tabis surya penting bagi pencegahan kanker kulit, itu bukanlah solusi keseluruhan. Anda mesti tetap menjalani perawatan kulit lainnya,” tambah Green.

Sumber: Media Indonesia
Penulis : prita daneswari

Iklan