Mengenakan jilbab dapat menjauhkan rambut dari polusi udara dan sengatan matahari. Namun penggunaan jilbab juga dapat membuat rambut menjadi lepek dan berminyak.

Gesekan antara kain jilbab dan rambut menimbulkan tekanan pada kulit kepala, sehingga memproduksi minyak berlebih. Minyak pada kulit kepala menjadi makanan lezat bagi makhluk hidup yang hinggap di kulit kepala, seperti kutu, sekaligus memicu timbulnya ketombe. Selain itu, rambut yang lepek dan berminyak juga rentan mengalami kerontokan.

Untuk mengatasinya, ada beberapa trik yang bisa Anda coba.

  1. Keringkan rambut sebelum memakai jilbab
    Hindari memakai jilbab saat rambut dalam kondisi basah. Rambut basah yang tertutup dapat menyebabkan lepek dan bau apek. Pastikan rambut telah benar-benar kering sebelum menggunakan jilbab.
  2. Pilih shampoo yang sesuai
    Gunakan shampoo khusus rambut berminyak atau shampoo dengan formula yang ampuh menangkal kerontokan. Lazimnya, shampoo ini dibuat dengan bahan mint yang menyegarkan kulit kepala atau ginseng yang dapat menguatkan akar rambut.
  3. Hindari mengikat rambut terlalu kencang
    Bagi Anda yang berambut panjang, hindari mengikat rambut terlalu kencang saat menggunakan jilbab. Rambut yang dikepang atau dicepol akan lebih baik karena ikatannya lebih longgar namun mengunci rambut dengan lebih rapi.
  4. Memilih jepit rambut
    Hindari penggunaan jepit rambut berbahan metal, karena dapat membuat rambut menjadi rapuh dan patah-patah. Pilih jepit rambut dari plastik atau karet berbahan lembut.
  5. Potong rambut
    Agar rambut tetap sehat, disarankan untuk memangkas rambut dengan model bob atau sependek mungkin. Selain lebih mudah ditata, Anda juga tak perlu mengikat rambut, sehingga rambut pun dapat bernapas lebih lega.

Sumber: http://plasa.msn.com

Iklan