Tag

Jerawat yang bermunculan di tubuh khususnya bagian punggung akan sangat mengganggu penampilan dan membuat kepercayaan diri menurun. Apalagi jika Anda menggunakan baju model backless atau dress yang terbuka pada bagian atas dan bahu. Untuk mengatasi jerawat-jerawat tersebut, cobalah beberapa trik seperti yang dilansir All Women Stalk berikut ini:

1. Mandi dengan Sabun yang Tepat
Langkah pertama untuk mengatasi jerawat di badan adalah membersihkannya dengan sabun atau cairan anti bakteri. Cara lain yang bisa Anda coba adalah melakukan pengelupasan dengan body wash yang mengandung asam glikolat atau asam alpha hidroksi. Hindari pemakaian sabun yang membuat kulit kering atau sabun yang terlalu banyak mengandung parfum, karena akan memperburuk kondisi kulit Anda.

2. Kenakan Baju yang Longgar
Cara lain untuk mengatasi jerawat di tubuh adalah dengan mengenakan pakaian yang longgar, dengan bahan yang ringan seperti katun atau linen. Hindari mengenakan pakaian yang terlalu ketat karena dapat menjebak keringat pada kulit Anda. Untuk pakaian olahraga, cobalah untuk memakai bahan longgar dan tipis bukannya pakaian berbahan spandex dari kepala hingga kaki sehingga kulit Anda bisa bernapas walaupun sedang berkeringat.

3. Mandi Setelah Beraktifitas
Segera bersihkan diri Anda setelah beraktifitas dan berkeringat untuk menghindari pertumbuhan jerawat pada kulit tubuh. Membiarkan kulit berkeringat dan lembab terlalu lama akan menyumbat pori dan selanjutnya menyebabkan jerawat. Jangan lupa juga untuk membersihkan peralatan olahraga Anda yang bersentuhan langsung dengan kulit dan keringat.

4. Krim Jerawat
Cara lainnya adalah menggunakan krim jerawat yang mengandung 10% benzoyl peroxide. Untuk area yang lebih luas seperti keseluruhan punggung, semprotan jerawat lebih disarankan, namun jika area yang berjerawat hanya pada beberapa bagian, gel atau krim akan lebih efektif.

5. Pengelupasan
Cara yang efektif untuk menangani jerawat pada kulit tubuh dan mencegahnya datang kembali adalah dengan melakukan pengelupasan kulit untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Cara ini mendorong pertumbuhan sel kulit baru dan menjaga pori-pori bersih. Scrub gula lebih direkomendasikan karena teksturnya lebih ringan daripada scrub garam yang dapat lebih abrasif. Setelah Anda melakukan pengelupasan, jangan lupa untuk menjaga kelembaban kulit dengan penggunaan krim jerawat.

6. Pola Makan
Makanan juga dapat mempengaruhi pertumbuhan jerawat yang tidak diinginkan. Untuk itu, konsumsilah makanan yang mengandung anti oksidan tinggi, vitamin dan omega-3 yang dapat membantu mencegah jerawat. Beberapa makanan yang bisa Anda coba adalah buah-buahan, sayuran, ikan dan gandum utuh. Jangan lupa untuk minum banyak air putih, karena air sangat penting untuk membersihkan kulit dan mencegahnya dari kekeringan.

7. Hindari Stres
Terakhir, untuk mengatasi munculnya jerawat pada tubuh adalah menghindari stres. Stres dapat menyebabkan respons peradangan di kulit Anda, sehingga menyebabkan jerawat bermunculan. Untuk itu, mulai sekarang biasakanlah pola hidup sehat, seperti cukup tidur setiap malam, berolahraga dan makan dengan baik.

Iklan