Tag

, , , , , , , , , , , , ,

dr LalanMelia Dipl. CIDESCO

dr LalanMelia Dipl. CIDESCO

PENUAAN dini selalu menjadi momok yang menakutkan, baik bagi pria maupun wanita. Tapi, apakah Anda tahu penyebab dan bagaimana cara mencegah penuaan dini tersebut?

Saat ini, penuaan dini lebih populer dengan istilah anti-aging. Penuaan dini sendiri diartikan sebagai munculnya tanda-tanda penuaan yang seharusnya ada pada usia lanjut, namun muncul lebih awal pada usia muda. Tanda-tanda penuaan dini yang umumnya terlihat, biasanya muncul pada kulit wajah, berupa flek hitam atau keriput. Selain itu, timbulnya rambut putih atau uban, juga dapat diartikan sebagai penuaan dini.

“Penuaan dini terjadi akibat dari kebiasaan hidup yang tidak sehat, penggunaan kosmetik yang tidak sesuai, dan pola makan yang buruk,” tutur dr. Lalan Melia Dipl. CIDESCO, ahli estetika saat ditemui Okezone secara eksklusif di Klinik L’Melia, Jalan Cempaka Putih Tengah XXX No. 5D, Jakarta Pusat, Jumat (7/9/2012).

Menurut dr Melia, faktor stres dan radikal bebas juga menjadi penyebab dari banyaknya penuaan dini yang terjadi pada pria maupun wanita muda saat ini. “Penggunaan krim tabir surya saat Anda berada di luar ruangan dapat membantu terhindar dari asap polusi penyebab radikal bebas,” jelasnya.

Lalu, bagaimana untuk mencegah terjadinya penuaan dini? “Para wanita khususnya, harus lebih berhati-hati dalam pemilihan kosmetik. Sesuaikan kosmetik untuk tipe kulit wajah Anda, apakah normal, berminyak, kering, atau kombinasi. Selain itu, berolahraga secara teratur dapat membantu Anda untuk mencegah penuaan dini tersebut,” tutup dr Melia.

Seperti yang dimuat di http://health.okezone.com/read/2012/09/07/486/686842/pakai-sunscreen-di-luar-ruangan-cegah-penuaan-dini

Iklan