Tag

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Setrika Kulit Wajah

Setrika Kulit Wajah di Majalah Kartini no. 2339

Usir Kerutan dengan ‘setrika’ Kulit Wajah
Dikutip dari Majalah Kartini no. 2339 hal. 34 – 35, berdasarkan wawancara eksklusif dengan dr Lalan Melia Dipl. CIDESCO.

Rasanya setiap wanita selalu ingin tampil menarik dan cantik. Ingin selalu kelihatan tampil muda. Mendengar kata menjadi tua seperti suatu momok yang menakutkan yang dengan berbagai cara berusaha untuk dihindari. Maka untuk memenuhi kebutuhan wanita, berbagai merek perawatan wajah ditawarkan dengan keunggulan masing-masing dari mulai yang instan hingga yang butuh waktu lama. Salah satunya ‘setrika’ kulit wajah. Yuk, cari tahu dulu apa manfaatnya dan apa yang harus Anda lakukan sebelum memulainya…..

BOX 1
Menurut dokter pemilik Klinik Kecantikan L’Melia – Skin, Hair & Body Care Centre ini selain untuk mengurangi kerutan di wajah, setrika wajah & leher juga bermanfaat untuk:
• mengurangi lingkaran hitam di mata (biasa disebut dengan Mata Panda)
• menyamarkan kantong mata
• membentuk wajah lebih tirus (setrika wajah agar pipi tirus )
• mengurangi kerutan pada leher
• membantu menyamarkan lipatan leher di bawah dagu (double chin)

Seiring bertambahnya usia, setiap orang pasti akan menjadi tua dan tentu keelastisan kulit pun akan mulai berkurang, dan yang paling mengkhawatirkan khususnya wanita, wajah juga akan ikut memiliki garis-garis halus atau biasa disebut kerutan. Bagi wanita ini merupakan hal yang kalau boleh tidak dilalui.

Beberapa hal yang juga bisa menyebabkan munculnya kerut di wajah di samping faktor usia yaitu karena seringnya wajah terpapar sinar matahari baik secara langsung maupun tidak langsung, akibat asap rokok baik yang perokok aktif maupun perokok pasif dan akibat kurang peduli terhadap perawatan wajah. Kerutan dini di wajah bisa dicegah degan menghindari hal-hal di atas, misalnya selalu menggunakan krim tabir surya (sunscreen), memilih kosmetika yang sesuai dengan jenis kulit serta yang tidak boleh dilupakan tentunya perawatan wajah yang rutin dilakukan.

Berbagai upaya dilakukan demi mendapatkan kulit wajah yang sehat, halus dan tentunya selalu tampak muda. Berbagai produk dan perawatan dilirik dan tentunya dicoba para wanita demi penampilan agar selalu tampak cantik.

KULIT SEHAT BEBAS KERIPUT
Kemajuan teknologi terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan para wanita. Saat ini dengan berkembangnya teknologi, termasuk di bidang kecantikan, maka kerut wajah bisa dihilangkan/disamarkan dengan alat yang sehari-hari disebut dengan setrika wajah atau Radio Frequency Treatment, yang sering disingkat RF saja. Anda tak perlu membayangkan setrika yang biasa kita pakai untuk merapikan pakaian di rumah. Alat ini tidak akan membakar kulit wajah Anda. Setrika wajah berfungsi untuk menghilangkan berbagai keluhan di wajah seperti kerutan, pori-pori besar dan juga bekas jerawat.

Perawatan ini menggunakan teknologi Radio Frequency (RF).  Dengan panas (40 – 42 derajat Celsius) yang dihasilkan oleh alat ini, akan memperbaiki fungsi jaringan ikat, meningkatkan produk kolagen kulit dan memperlancar pembuangan racun-racun yang ada melalui sistem limfatik.

“Setelah perawatan ini kulit wajah akan menjadi lebih kencang, kenyal, dan terangkat. Kulit yang telah “disetrika” itu pun akan bisa memperoleh nutrisi yang lebih banyak dengan akibat menjadi lebih sehat,” ujar dr Lalan Melia, Dipl. CIDESCO.

Secara umum semua orang bisa melakukan ‘setrika’ kulit wajah, hanya saja efek yang dihasilkan akan berbeda pada masing-masing individu. Bagi mereka yang kulitnya terawat tentu akan memperoleh manfaat yang lebih baik. Untuk mencapai hasil yang optimal, setrika wajah harus dikombinasi dengan perawatan wajah lainnya seperti: facial dan peeling serta mengonsumsi suplemen anti-oksidan.

CEK SEBELUM PERAWATAN
Lakukan ‘setrika’ kulit wajah dengan ahlinya. Sebelum melakukan penyetrikaan kulit wajah, pastikan dulu kulit wajah Anda dalam kondisi sehat, tidak ada jerawat terutama jerawat yang sedang meradang.
BOX 2
Konsultasikan dengan Dokter Anda
Meskipun ‘setrika’ wajah tidak menggunakan pisau, namun tidak semua orang bisa menyetrika kulit wajahnya. Untuk Anda yang mengalami hal di bawah ini:
•    Pengguna alat pacu jantung
•    Penderita penyakit jantung
•    Penderita hipertensi
•    Pasien yang telah memasang plat besi atau sendi buatan.
•    Pasien kencing manis.
•    Ada gangguan pada jaringan ikat dan otot.
•    Ibu Hamil dan menyusui.

Efek samping setrika wajah

Menurut pengalaman dr Lalan, selama dilakukan dengan penanganan yang tepat dan hati-hati, sampai saat ini belum ditemukan efek samping yang berarti. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk melakukan setrika kulit wajah dengan dokter yang ahli di bidang itu.

Perawatan yang optimal akan tergantung pada kondisi kesehatan kulit pasien termasuk jenis kerutan yang dimiliki pasien. Hasil bisa dilihat segera, namun agar bisa bertahan lebih lama perlu dilakukan beberapa kali. Awalnya bisa seminggu sekali, kemudian 2 minggu dan seterusnya. Semakin sering dilakukan perawatan maka hasilnya semakin baik, kulit semakin sehat.

Tak cukup hanya sampai di situ asja. Setelah melakukan perawatan wajah wajah untuk hasil yang lebih optimal, beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu menjaga kesehatan kulit dengan rajin melakukan facial, peeling maupun konsumsi supplement yang bisa meningkatkan kesehatan kulit khususnya dan kesehatan tubuh umumnya.
Walau bagaimanapun treatment setrika wajah hanyalah salah satu metoda meningkatkan kesehatan kulit. Pemahaman dan tekad untuk tampil cantik namun tetap sehat perlu diyakini terlebih dahulu.

Sama seperti prinsip kesehatan umumnya, mencegah lebih baik dari mengobati. Dalam bidang setrika wajah ini, sangat disarankan untuk menjaga kesehatan kulit sejak awal  sehingga menunda munculnya kerutan adalah “treatment” yang paling baik. Selalu diskusikan hal ini dengan ahli kecantikan Anda.

=========================

Rubrik Tanya – Jawab bersama dr Lalan Melia, Dipl. CIDESCO, bisa diakses di:http://intisari-online.com/kanal/ask-the-expert/skin-beauty

TESTIMONI…..TESTIMONI…..TESTIMONI

Baca Testimoni pasien-pasien kami di sini.

Iklan