Tag

, , , , , , , , ,

jerawat wajah berminyak

Dokter, saya ingin tanya tips untuk menanggulangi wajah berminyak yang pada akhirnya menimbulkan jerawat. Gimana caranya? 

Rafael (pria, 18 tahun, Banjarmasin)

Jawab:

Pertanyaan yang baik.

Bagi pemuda seusia Rafael, persoalan jerawat merupakan hal yang umum terjadi. Ada  penelitian yang menyimpulkan bahwa 8 dari 10 remaja mengalami masalah jerawat. Apalagi jika remaja tersebut rajin memencetnya. Bukan kesembuhan yang diperoleh namun jerawatnya makin meradang yang pada akhirnya menjadi sangat mengganggu penampilannya.

Umumnya jenis kulit kaum pria adalah berminyak yang berarti kelenjar sebaceous (kelenjar keringat) pria aktif mengeluarkan minyak  atau yang diistilahkan dengan sebum. Jika hal ini tidak ditangani dengan baik, sebum yang bercampur dengan jaringan kulit yang mengelupas (secara normal) serta kotoran/polusi ditambah dengan kuman yang berada di sekitar kita akan menumpuk dan menyebabkan penyumbat saluran keluar kelenjar sebaceous. Itulah yang disebut dengan jerawat.

Penanganannya

Pertama, yang perlu dilakukan adalah mengobati jerawatnya. Tentu hal ini perlu ditangani oleh dokter. Setelah itu lakukan perawatan rutin agar jerawat tidak mudah tumbuh lagi, seperti:

  1. Rajin membersihkan wajah dengan sabun. Jangan menggunakan sabun biasa tapi gunakan face wash yang khusus untuk wajah berminyak. Pilihlah face wash yang banyak mengandung air (water based), bukan minyak (oily based). 
  2. Kalau perlu menggunakan after shave, gunakanlah after shave yang mengandung pelembab sehingga bisa menjaga kesehatan kulit agar tidak kering.
  3. Lakukan scrubbing (proses mengangkat kulit-kulit mati) secara rutin 1 – 2 minggu sekali.

Untuk kesehatan keseluruhan, ada saran tambahan, seperti:

  1. Jangan merokok, karena asap rokok merupakan salah satu hal yang bisa memicu timbulnya jerawat.
  2. Minum air putih minimal 2 liter per hari. 
  3. Kurangi makanan berminyak ataupun pedas.
  4. Perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan agar bisa melancarkan proses buang air besar (BAB). Frekuensi BAB yang baik adalah minimal 1 kali per hari.
  5. Tidur cukup, minimal 7 – 8 jam per hari.

Jika hal-hal di atas sudah dilakukan (setidaknya sudah merasa melakukannya) dan jerawat masih timbul juga, saatnya meminta bantuan tenaga ahli. Dokter bisa lebih detail memberikan saran yang spesifik sesuai dengan kondisi Rafael (jenis kulit, kebiasaan, dan sebagainya).

Semoga bermanfaat dan jerawat tidak rajin tumbuh di wajah Rafael.

dr Lalan Melia, Dipl. CIDESCO 

Klinik Kecantikan L’Melia <– bisa baca testimoni di sini, klik aja

Jln. Cempaka Putih Tengah XXX no. 5D

Telp.: 021-42875768